• Breaking News

    Kamis, 27 Juli 2017

    Ciri-ciri Kanker Payudara

    Kanker payudara adalah tumor ganas yang berawal dari sel payudara. kumpulan sel kanker membentuk tumor yang berkembang secara cept dijaringan payudara, dan bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain. Knaker payudara terjadi hampir selalu pada wanita namun dapat terjadi pula pada pria.

    Ciri-ciri kanker payudara yang paling umum adalah adanya atau timbulnya benjolan di sekitar payudara, bisa kecil, sedang, atau besar, dapat pula terasa mengganggu atau tidak. Namun meskipun demikian masih ada cara untuk mengobati kanker payudara agar bisa sembuh seperti sediakala, Ada beberapa ciri-cirir dari gejala kanker payudara di bawah ini :

    >> Munculnya benjolan atau penebalan di sekitar payudara
     Benjolan di sekitar payudara merupakan salah satu ciri atau tanda paling awal yang harus anda perhatikan. Sebagian wanita memiliki benjolan di daerah ketiak atau sekitar payudara sebagai tanda awal mereka telah terkena kanker payudara stadium awal. walaupun tidak mutlak benjolan tersebut adalah kanker payudara tapi anda harus waspada mulai dari sekarang yang terasa kecil atau yang sudah mengganggu sebaiknya langsung berkonsultasi ke dokter terkait.

    >> Perubahan ukuran dan bentuk pada payudara anda
    Jika anda melihat ada keanehan dalam salah satu bentuk payudara anda maka anda harus khawartir karena ini merupakan tanda umum kedua yang paling sering terjadi. Tidak hanya bentuk, ukuran payudara juga menjadi tanda yang umum.

    >> Terdapat kerutan pada bagian payudara
    Kerutan biasanya dialami oleh orang yang sudah tua, namun tidak halnya jika anda mengalami atau terkena gejala awal kanker payudara, kerutan mungkin saja terdapat di bagian tertentu di payudara anda. Kulit payudara normal tidak memiliki kerutan dan cenderung halus dan permukaan yang rata.

    >> Keluarnya cairan dalam puting payudara secara tiba-tiba
    Ketika tanpa sebab tiba-tiba keluar dari puting ini tandanya anda terkena kanker payudara. Cairan yang keluar dari puting ini warnanya putih dan bening, dan agak kental atau encer.

    >> Rasa nyeri pada bagian payudara yang tidak kunjung membaik
    Nyeri tertentu ini biasanya setelah ada benjolan anda harus bisa membedakan antara nyeri karena sedang haid atau hamil. Namun apabila sakit payudara akibat kanker akan sakit setiap harinya dan tidak akan sembuh sebelum kanker itu diangkat/operasi.

    >> Payudara akan nampak kemerahan dan bengkak
    Jika anda mengalami perubahan drastis dari warna kulit sekitar payudara seperti memerah, bengkak, atau terlihat gelap di salah satu sisi dan bagian tertentu pada payudara  anda, maka sebaiknya anda mulai berkonsultasi pada dokter spesialis terkait.

    >> Puting yang masuk ke dalam, gatal, bersisik, dan ruam di puting susu
    Rasa gatal yang timbul oleh adanya lergi sekitar sel jaringan payudara terhadap tumor liar penyebab kanker. Dan untuk ruam biasanya hanya terjadi di sebulad puting. Jika gejala ini terdapat semua maka hendaklah sesegera menghubungi dokter.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel